APLIKASI

5 Cara Bikin Foto Keren dengan Aplikasi Efek Bokeh Photoshop

Untuk download aplikasinya klik di bawah ini!

fgdangelo – Aplikasi Efek Bokeh saat ini banyak digunakan para penggemar Smartphone Photography untuk memperindah hasil foto jepretannya. Banyak aplikasi foto dengan efek bokeh yang tersedia di Play Store ataupun App Store. Salah satu yang populer dan memiliki fitur lengkap yaitu Adobe Photoshop.

Baca juga:

Aplikasi ini juga terdapat versi untuk Personal Computer (PC) maupun laptop. Pengguna Photoshop bisa membuat efek foto bokeh dengan mudah. Tutorialnya akan diulas lengkap pada artikel kali ini. Jadi simak sampai tuntas ya!

Aplikasi Efek Bokeh

Untuk download aplikasinya klik di bawah ini!

5 Cara Mudah Membuat Efek Foto Bokeh di aplikasi Adobe Photoshop

Sebelum membahas tutorial membuat foto menarik di aplikasi efek bokeh, ketahui dulu pengertian bokeh itu sendiri. Istilah bokeh pertama kali dipopulerkan dalam bidang fotografi oleh Mike Johnston, seorang editor ternama dari majalah Photo Techniques pada tahun 1997.

Bokeh merupakan serapan kata dari bahasa Jepang “boke” yang memiliki arti blur, kabur atau buram. Blur dalam dunia fotografi terjadi karena obyek foto berada di luar focus. Penyebabnya jangkauan lensa kamera yang terbatas sehingga cahaya yang masuk menjadi out of focus.

Aplikasi Efek Bokeh

Jadi sebenarnya efek bokeh adalah kecacatan gambar, namun justru menambah nilai seni karena terlihat estetik. Fitur bokeh ini biasanya terdapat di kamera DSLR atau kamera smartphone yang cukup mumpuni. Namun berkat aplikasi bokeh, ponsel apapun bisa menghasilkan foto keren. Nah berikut ini tutorial cara membuat efek foto bokeh di Photoshop:

Untuk download aplikasinya klik di bawah ini!
See also  Ini 7 Aplikasi Live Menghasilkan Uang, Buruan Daftar!!!

1. Buka Foto Yang Dimiliki ke Photoshop

Langkah pertama membuat foto keren di aplikasi efek bokeh Photoshop adalah membuka gambar atau foto yang akan pengguna edit di Photoshop. Caranya dengan mengklik tetikus, arahkan ke foto atau gambar yang sudah dipilih. Lalu drag dan drop gambar ke aplikasi Adobe Photoshop

2. Duplikasi Layer Background

Setelah mengimport foto di aplikasi efek bokeh, selanjutnya lakukan duplikasi layer background. Caranya dengan menekan tombol ‘Control (Ctrl)’ dan tombol huruf J secara bersamaan.Tunggu hingga muncul tampilan layer baru bernama Layer 1.

3. Lakukan Seleksi Pada Objek Foto

Langkah ketiga, lakukan seleksi pada obyek foto yang akan dijadikan fokus di aplikasi efek bokeh Photoshop. Caranya adalah dengan mengklik Quick Selection Tool pada toolbox yang ada di sebelah kiri layar.

Lalu pada menu Option Bar pilih opsi Select Subject. Tanda berhasil terseleksi adalah terdapat garis hitam putih yang berjalan di pinggiran subyek foto. Lanjutkan dengan memilih tombol Select and Mask pada menu Option Bar.

Rapikan atau perhalus obyek foto yang sudah terseleksi dengan memilih Refine Edge Brush Tool atau tekan Shortcut tombol (R) pada keyboard PC. Jika sudah rapi, masuk ke panel Properties kemudian pilih menu Output Settings dan pilih New Layer with Layer Mask.

Layer Mask ini berfungsi untuk melakukan edit ulang apabila foto hasil seleksi dinilai kurang rapi. Setelah semua obyek foto bagus klik opsi menu OK.

4. Ciptakan Efek Foto Blur dan Cahaya Bokeh

Setelah merapikan obyek foto terseleksi di aplikasi efek bokeh saatnya memberikan blur pada background untuk kesan estetik. Langkahnya, pilih Layer 1, lalu klik menu Filter dan Blur Gallery. Setelah itu tekan Tilt- Shift.

See also  7 Aplikasi Sadap WA di Playstore dan Detail Penggunaannya

Atur bagian latar belakang atas atau terjauh dari foto agar terlihat semakin blur. Drag titik Tilt-Shift ke tempat yang sesuai, lalu hilangkan garis Tilt-Shift pada bagian bawah supaya efek blur hilang.

Setelah itu lakukan pengaturan intensitas blur dengan cara menggeser slider Blur atau lingkaran Tilt-Shift pada kanvas.

Untuk meningkatkan efek bokeh, akses tab Effects lalu ceklis checkbox bokeh. Atur pencahayaan pada Light Bokeh. Buat bulatan-bulatan cahaya dengan menggeser menu Light Bokeh.

Agar lebih menarik pilih Bokeh Color dengan warna sesuai selera agar tidak monoton warna putih. Atur Light Range dengan menggeser anak panah untuk menambahkan variasi cahaya bokeh.

5. Lakukan Retouching Pada Foto

Langkah terakhir membuat foto ciamik di aplikasi efek bokeh Photoshop yaitu melakukan retouching. Untuk menarik perhatian, tingkatkan saturasi warna dari keseluruhan foto yang sudah diberikan efek bokeh.

Caranya klik layer paling atas, kemudian pilih ikon lingkaran hitam putih atau menu Create new fill or adjusment layer yang ada di bagian bawah panel layer. Setelah itu klik Hue/Saturation. Lalu drag slider saturation ke arah kanan, sesuaikan dengan kebutuhan untuk meningkatkan ketajaman warna pada keseluruhan foto.

Selanjutnya adalah memberikan pencahayaan pada foto. Langkahnya akses ikon Create new fill or adjusments layer lagi, kemudian pilih opsi Curves. Atur titik kurva untuk menambahkan cahaya. Jangan lupa meningkatkan kekontrasan untuk mendapatkan hasil foto bokeh terbaik.

Nah, sampai tahap ini aplikasi efek bokeh Photoshop sudah berhasil membuat foto yang menarik. Untuk menambah kesan dramatis bisa mengaplikasikan bokeh buatan pada foto yang bisa diunduh melalui internet.

Originally posted 2022-04-25 13:57:54.

Untuk download aplikasinya klik di bawah ini!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button